Tempat-Tempat Wisata Di Kota Pematang Siantar Dan Kabupaten Simalungun

tempat-tempat-wisata-di-kota-pematang-siantar-dan-kabupaten-simalungun

Berita Aktual, Berita travel – kesempatan ini bakal mengulas beberapa tempat wisata yang ada di Kota paling besar ke-2 di Sumatera Utara yaitu Pematangsiantar serta di satu diantara Kabupaten Paling besar di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Simalungun. Tersebut beberapa tempat wisata itu.

* Lapangan Merdeka(taman bunga) dan Lapangan Adam Malik

Lapangan Merdeka atau yang orang Siantar kerap menyebutnya Taman Bunga. Taman bunga terdapat di Jalan Merdeka. Umumnya lokasi ini paling ramai dikunjungi ketika jam 13. 00 serta ketika hari libur serta akhir minggu. Lokasi ini paling banyak dikunjungi oleh beberapa golongan muda-mudi untuk sekedar berkumpul ataupun berkencan. Argumen beberapa orang banyak berkunjung ke taman bunga lantaran memanglah lokasi ini adalah paru-paru Kota Pematangsiantar yang terdapat di pusat kota serta dipenuhi oleh pohon-pohon yang rimbun yang membuatnya begitu asri serta sejuk. Diluar itu, ditambah banyak pedagang-pedagang seperti penjual makanan, jagung bakar, sehinga memberi daya tarik tempat ini.

Lapangan Adam Malik adalah lapangan Kota Pematangsiantar lantaran ditempat berikut diselanggarakan acara-acara resmi seperti Upacara HUT RI, tempat bazar, serta di tempat berikut dirayakan perayaan keagamaan serta pesta kembang api tahun baru. Letaknya yang terdapat di pusat kota bikin lapangan ini ramai dikunjungi baik itu siang hari ataupun malam hari. Di lapangan ini terkecuali sebagai lapangan upacara, adalah lokasi yang banyak hiburan-hiburan serta pedagang-pedagang seperti kereta-keretaan, mandi bola untuk anak-anak, pedagang-pedagang makanan serta tempat nongkrong yang nyaman. Diluar itu, Lapangan Adam Malik saat pagi harinya banyak dikunjungi pada jam 04:30-07:00 untuk olahraga serta jogging tertuatama pada hari Minggu.

* Taman Hewan Pematangsiantar (Kebun Binatang Pematangsiantar)

Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau terlebih dulu juga dikenal sebagai Kebun Binatang Siantar. Kebun binatang ini resmi di buka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas areal sekitaran 4. 5 hektare. THPS berada di Jl. Kapt. MH. Sitorus No. 10, Kota Pematang Siantar, Propinsi Sumatera Utara. Hingga sekarang ini THPS masihlah menjaga statusnya sebagai kebun binatang yang terlengkap serta paling baik di lokasi Sumatera Utara. Koleksi satwa serta popularitasnya bahkan juga menaklukkan Kebun Binatang Medan dengan luas yang berpuluh kali semakin besar. Walau dengan beragam terbatasnya seperti sempitnya ruangan yang ada, kurangnya pendanaan dan pemahaman untuk proyek peremajaan eksibisi hewan, tetapi lewat usaha perawatan hewan yang cukup baik, THPS cukup sukses dalam menggerakkan peranannya sebagai instansi konservasi dan bisa dikelompokkan sebagai satu diantara kebun binatang yang paling baik diantara kebun binatang yang ada di Indonesia. Taman Hewan Pematangsiantar mengantongi izin berbentuk Surat Ketentuan Menteri Kehutanan

* Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar

Di urutan ketiga ada Vihara Avalokitesvara. Vihara ini populer lantaran patung Dewi Kwam Im, Vihara ini diresmikan pada tanggal 15 November 2005 serta sistem pembuatan patung dewi Kwan Im memerlukan saat 3 tahun. Patung dewi Kwan Im segera di buat serta dihadirkan dari Tiongkok. Tahun 2012 Viahara ini pernah terbakar oleh karenanya sekarang ini juga vihara ini masih tetap dalam sistem pembangunan. Patung itu adalah patung Dewi paling tinggi di Indonesia begitu tinggi yaitu 22, 8 m, karena sangat tingginya dari terlalu jauh pastinya telah tampak patung itu. Vihara ini terkecuali sebagai tempat beribadah untuk beberapa umat Budha juga adalah tempat wisata yang begitu cocok untuk dikunjung. Vihara ini terdapat di Jalan pane tepatnya di Jalan Vihara. Untuk mencapai tempat ini sangat gampang serta bisa dikunjungi dari beragam arah, yaitu lewat Siantar Square yang jalannya tersambung ke sana, lantas lewat jalan Pane ataupun Jalan Narumonda. Vihara ini adalah tempat suci untuk umat Budha dan tempat indah serta menawan. Tempat ini begitu cocok untuk anda penggemar fotografer atau sebatas selfie ataupun sebatas berfoto. Di Vihara ini ada patung-patung yang unik, beberapa ornament Budha yang khas, serta dari sini kita bisa lihat keindahan panorama Kota Pematangsiantar dan kekhasan yang lain. Saat berkunjung ke tempat ini kita telah terasa semestinya di Tiongkok. Vihara ini terbuka untuk siapapun tetapi pada bebrapa waktu spesifik Vihara ini ditutup lantaran upacara keagamaan, jadi bertandanglah ketika pas.

* Sidamanik,Simalungun

Siapa tak kenal dengan Sidamanik, satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Terdapat 15 Km dari Kota Pematangsiantar serta lama tempuh sekitaran 40 menit, Sidamanik jadi obyek wisata favorite masyarakat Kota Pematangsiantar ataupun Kabupaten Simalungun. Di kecamatan ini menaruh keindahan sendiri yaitu kebun tehnya. Hawa fresh nan sejuk dan kedamaian bikin beberapa orang berkunjung ke tempat ini. Ditempat ini anda bakal temukan gugusan kebun teh yang indah, spesial untuk anda yang suka fotografi tempat ini begitu cocok untuk berfoto ataupun sebatas cumanselfie.

* Air Terjun Bah Butong

Terkecuali keindahan kebun tehnya, satu lagi sisi dari Sidamanik yang tidak bisa dilewatakan yaitu Air Terjun Bah Siak Sidamanik. Air terjun ini ada di tengah-tengan kebun teh serta dekat dengan pemukiman masyarakat. Beberapa orang yang bertandang lihat pemandangan perkebunan Teh, tak tahu kehadiran air terjun ini. lantaran terdapat di dalam perkebunan Teh Sidamanik. Lokasi Sidamanik ini terdiri atas 3 perkebunan, yakni Kebun Teh Toba Sari, Kebun Teh Bah Butong serta Kebun Teh Sidamanik. Air Terjun Bah Biak ini, terdapat di Perkebunan Teh unit Bah Butong. Untuk hingga ke air terjun ini, tak mengonsumsi saat lama, cuma sekitaran 15 menit saja dari jalan paling utama memakai kendaraan seperti sepeda motor atau mobil.

Setelah tiba maksud, anda tak segera dapat lihat air terjun bah biak ini, lantaran mesti turun melalui beberapa puluh anak tangga. Anda dapat memarkirkan kendaraan atau beristirahat serta makan sesaat di satu warung simpel, sebelumnya anda turun lihat air terjun itu. tak ada pungutan cost masuk, untuk Dapat lihat Air Terjun Bah Biak ini, tetapi anda cuma dipakai cost parkir kendaraan saja.

* Parapat

Dari Parapat sendiri ada pelabuhan feri yang melayani perhubungan air ke Pulau Samosir tepatnya ke pelabuhan Ajibata. Apabila tak lewat Parapat, jadi untuk meraih Pulau Samosir lewat perhubungan darat seorang mesti mengelilingi tepian Danau Toba hingga ke Pangururan lantaran disanalah Pulau Samosir terkait dengan daratan Pulau Sumatera.
Parapat begitu populer dengan keindahan danau tobanya. Kota ini jadi tempat wisata populer di Sumatera Utara. Bahkan juga, di masa 1990-an, tepatnya sebelumnya tahun 1997, kota ini jadi destinasi favorite beberapa turis-turis luar negeri, terlebih datang dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan juga ada pula yang datang dari Amerika. Tetapi, pada tahun 1997, berlangsung gejolak krisis moneter yang bikin beberapa turis jadi malas berwisata ke tempat ini. Walau sekian, orang-orang Parapat serta pemerintah berjuang untuk memajukan pariwisata Parapat.

Apabila bertandang ke Parapat, kita bakal temukan sebagian tempat yang dapat kita kunjungi. Tempat tinggal pengasingan bekas Presiden RI yang pertama, Soekarno, ada di Parapat walau tak beberapa orang yang tahu keberadaannya. Ada pula sebagian lokasi spesifik di mana kita dapat berenang nikmati sejuknya air danau Toba, seperti di daerah Pantai Kasih, Pantai Ujung, serta sebagian lokasi lain di sekelilingnya. Sebagai info, orang-orang Parapat menyebutkan Pantai atau Pante untuk daerah yang mempunyai pasir putih (dulunya ; lantaran saat ini hampir susah temukan pantai dengan pasir putih dipinggirannya). Terkecuali berenang, Anda dapat juga menyewa speedboat atau sepeda air untuk nikmati panorama di sekitaran danau Toba.

Untuk beli oleh-oleh khas Parapat, Anda dapat beli mangga serta kacang garing yang dimasak dengan memakai pasir. Janganlah lupa juga berkunjung ke sebagian kios suvenir yang jual kerajinan-kerajinan khas suku Batak ataupun khas danau Toba, yang terdapat di sekitaran Jalan Haranggaol serta dekat lokasi pantai yang dimaksud di atas.

* Batu Gantung

Batu gantung terdapat di tebing perbukitan yang terdapat di tepi danau toba. Jaraknya kurang lebih 3 Km dari Kota parapat. Untuk lihat batu Gantung bisa ditempuh dengan memakai Speed Boat atau kapal dengan saat 45 menit.

Menurut info yang didapat dari pemuka kebiasaan setempat, batu gantung yaitu Jelmaan dari seseorang Gadis desa setempat yang bernama Seruni. Seruni senantiasa sedih serta murung lantaran ke-2 orang tuanya menjodohkannya dengan sepupunya sendiri yg tidak dicintainya. Dia (seruni) senantiasa berbarengan dengan seekor Anjing ” si Toki “.

Satu hari, Seruni serta anjing kesayangannya pergi ke Pinggir perbukitan sembari merenungi nasibnya, mendadak Seruni terjerumus dalam satu lobang serta terjepit oleh Batu besar.

Seruni putus harapan serta dia memohon pada Tuhan (Na Boloni) untuk mati.
Pada akhirnya berlangsung momen ditempat itu, gempa, hujan badai serta angin kencang.

Esok harinya masyarakat setempat lihat, ada sebentuk batu yang serupa dengan badan gadis dengan rambut hitam terurai yang menempel di satu diantara tebing perbukitan di pinggir Danau Toba.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts