Tips Merawat AC Agar Tetap Awet

tips-merawat-ac-agar-tetap-awet

Berita Aktual, Berita Properti AC (air conditioner) atau pendingin ruangan saat ini jadi keperluan paling utama dalam satu tempat tinggal, terlebih di daerah tropis seperti Indonesia. Bukanlah mustahil dalam satu tempat tinggal satu AC dinyalakan selama seharian untuk memberi kesejukan ruangan.

Tetapi seperti barang biasanya, makin banyak dipakai nilai keawetannya juga bakal alami penurunan serta selesai rusak.

Biasanya, mulai alami masalah sesudah periode waktu pemakaian 2-4 tahun. Sesungguhnya, bila Anda dapat menjaga serta memakainya dengan benar, satu AC bisa bertahan sampai 10 tahun lebih. Ikuti sebagian panduan dari

* Gunakan Timer

Pakai feature timer waktu menyalakan AC hingga bakal mati dengan cara automatis pas pada waktunya. Setel saat sesuai sama keperluan.

Baiknya AC dinyalakan optimal sepanjang 5 jam dalam satu kali penggunaan. Kemudian biarlah mesin dingin kembali. Feature timer juga melindungi mesin AC tak cepat rusak.

Baiknya janganlah kerap mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius. Ini bakal bikin mesin AC cepat panas. Diluar itu, suhu 22 derajat adalah suhu ruang yang cocok untuk iklim Indonesia.

* Bersihkan Filter AC

Bersihkan filter AC dengan cara teratur minimum 1-2 bln. sekali. Bila telah terlalu kotor Anda bisa ganti filter baru.

Debu yang menumpuk pada filter bakal menghambat aliran hawa yang bisa mengakibatkan manfaat AC terganggu. Mengakibatkan AC bakal cepat rusak.

* Bersihkan Kumparan AC

Terkecuali filter, kumparan AC juga butuh di perhatikan kebersihannya sebab debu juga sering menumpuk di bagian ini.

Debu yang menumpuk pada kumparan bisa kurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini bisa mengakibatkan AC keunggulan beban serta menyebabkan korslet. Check kumparan dengan cara teratur tiap-tiap th. serta bersihkan.

* Periksa Thermostat

Check senantiasa thermostat (pengatur suhu) untuk meyakinkan AC bekerja dengan baik serta melindungi temperatur ruangan tetaplah stabil.

Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi saat tempat tinggal tengah tak beberapa orang/aktivitas. Atau, bila betul-betul tidak ada orang dirumah, baiknya matikan AC.

* Cek Kipas

Check kipas yang terpasang diatas unit kondensator sisi luar. Yakinkan kipas masihlah ada dalam keadaan yang bagus. Ubah pisau kipas bila ada retak atau pecahan.

* Servis Secara Berkala

Kerjakan servis dengan cara berkala. Anda dapat memakai layanan service perbaikan AC untuk mengecek kelayakan.

Biasanya produsen AC sediakan service servis untuk menolong melakukan perbaikan beberapa rusaknya kecil, serta menghindar rusaknya besar pada AC.

Menjaga AC dengan teratur bukan sekedar menghemat duit, namun juga bikin tempat tinggal tetaplah nyaman.

Salam Admin By Vijay Semoaga Berita Ini Bermanfaat.

Related posts