Waktu Pengajuan Gugatan Terhadap Hasil Pilkada DKI Hingga 4 Mei, Akankah Ahok- Djarot Menggugat?

Waktu Pengajuan Gugatan Terhadap Hasil Pilkada DKI Hingga 4 Mei, Akankah Ahok- Djarot Menggugat?

Berita Aktual, Berita Nasional – Yang namanya memilih dari dua hal tentunya harus ada salah satu yang dikorbankan, baik itu senang ataupun tidak. Seperti yang diketahui bahwa sebelummnya Pilkada DKI Putaran kedua telah usai, dan dari hasil perhitungan cepat beberapa lembaga survei menyebutkan bahwa untuk posisi unggulan ditempati oleh Anies Baswedan- Sandiaga Uno dengan perolehan 57,96% suara jauh diatas pasangan dari paslon nomor urut dua, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat yang memperoleh hasil suara sebesar 42,04% suara.

Kendati demikian menurut KPU (Komisi pemilihan umum) DKI Jakarta hingga saat ini pihak mereka masih menunggu jawaban atas pengajuan gugatan ke tingkat MK (Mahkamah Konstitusi) dari pasangan nomor urut dua yakni calon Gubernur serta wakil gubernur Ahok-Djarot.

Tentunya saat ini pihak KPU memberikan batas waktu hingga hari Kamis besok (04/05/2017). sebelum menetapkan secara resmi siapa pemenang dari Pilgub DKI Jakarta 2017.

“Kami memang sudah mengirimkn surat kepada pihak MK, namun sampai hari ini juga masih belum ada menemukan jawaban pasti dari MK,” ungkap Dahliah Umar saat dikonfirmasi selaku
Komisioner KPU DKI pada hari Rabu (03/05/2017).

Selain itu Dahliah juga mengatakan bahwa KPU DKI belum mengetahui pasti bagaimana kelanjutan dari kubu Ahok-Djarot apakah pihak mereka akan melakukan pegajuan gugatan ke MK atau tidak, namun pihak mereka telah memberikan masa tenggat sampai besok dan apabila tidak ditemukan adanya gugatan maka untuk keputusan resmi dari hasil KPU akan sibacakan pada hari Jumat nanti. Dan Bila ternyata ada dijumpai permohonan di MK, pastinya kita tidak dapat menetapkan di hari Jumat,” ungkap Dahlia.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta telah mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi, pada Minggu (30/04/2017) silam. Lalu bagaimana dengan pihak Ahok-Djarot? Apakah akan melakukan gugatan ke MK terkait dengan banyak ditemukan kecurangan atas surat suara yang masuk?

Related posts